Sistem Informasi UKT

Apa itu Penetapan UKT?

adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa/i berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan dalam rangka mewujudkan nilai-nilai Universitas Indonesia yaitu veritas, probitas, iustitia (kebenaran, kejujuran dan keadilan).

Login

Belum Terdaftar? Registrasi
Lupa Password? Reset

Informasi Terkini Tentang Biaya Pendidikan Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler Tahun Akademik 2024/2025

Berkaitan dengan perkembangan situasi terkini dan adanya masukan dari berbagai kalangan masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan siaran pers Nomor 200/sipers/A6/V/2024 dan Nomor 202/sipers/A6/V/2024 pada tanggal 27 Mei 2024. Selanjutnya Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi mengirimkan surat kepada para Rektor PTN dan PTNBH dengan Nomor 0511/E/PR.07.04/2024 perihal Pembatalan kenaikan UKT dan IPI Tahun Akademik 2024/2025 tertanggal 27 Mei 2024.

Sehubungan dengan hal tersebut pada saat ini Universitas Indonesia kembali berproses dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi cq Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi untuk menetapkan Tarif UKT dan IPI bagi Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler Tahun Akademik 2024/2025.

Untuk itu kami mohon pengertian dan kesabaran para mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler Tahun Akademik 2024/2025 dan orang tua/penanggung biaya pendidikan mahasiswa baru dalam menanti penetapan mengenai tarif UKT (dan IPI) yang akan dikenakan bagi masing-masing mahasiswa. Kami senantiasa mengupayakan yang terbaik bagi semua pihak, khususnya tentu bagi para mahasiswa. Pada prinsipnya UI menjamin bahwa setiap mahasiswa yang diterima pada Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler tidak akan mengalami hambatan dalam mengikuti pendidikan akibat masalah finansial.

Kami pun tidak bosan-bosannya mengingatkan mahasiswa baru, orang tua/penanggung biaya pendidikan, maupun pihak-pihak lain agar mencari informasi hanya melalui saluran resmi UI. Kami mohon untuk tidak mempercayai atau menanggapi jika ada pihak-pihak yang menyampaikan, meminta, dan/atau menganjurkan sesuatu dengan mengatasnamakan UI. Dapatkan informasi akurat hanya dari sumber resmi UI, baik melalui website maupun platform media sosial resmi milik UI.

Prosedur Pengajuan

  1. Pra-Registrasi
    Calon Mahasiswa/i Baru menyelesaikan pengisian data pada laman pra-registrasi.ui.ac.id.
  2. Mengisi Form UKT dan Melengkapi Berkas Pendukung
    Calon mahasiswa mengisi & mengunggah berkas bukti dukung.
  3. Validasi dan Verifikasi
    Validasi dan verifikasi berkas penentuan besaran Biaya Pendidikan.
  4. Pengumuman Penetapan Biaya Pendidikan
    Pembayaran Biaya Pendidikan.

Berkas Pendukung

  1. KTP Calon Mahasiswa/i
  2. Foto/Scan Kartu BPJS/KIS dan Asuransi Lainnya (jika ada) Calon Mahasiswa/i
  3. KTP Orang Tua/Wali (Penanggung Biaya Pendidikan)
  4. Kartu Keluarga
  5. Bukti SPP/Surat Keterangan Sekolah (jika bebas SPP)
  6. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan
  7. Mutasi Rekening 3 (tiga) bulan terakhir penanggung biaya pendidikan
  8. SPT Tahun Terakhir/Surat Pernyataan Tidak Memiliki SPT
  9. Bukti Tagihan/Pengeluaran Listrik 3 (tiga) bulan terakhir
  10. Surat Pernyataan Tidak Merokok (jika anggota keluarga tidak merokok)
  11. PBB Terakhir Rumah Orang Tua/Wali (jika status rumah milik orang tua/wali)
  12. Foto Rumah/Tempat Tinggal
  13. STNK Motor dan/atau Mobil
  14. Surat Keterangan Tetangga Terdekat
  15. Surat Keterangan Kemampuan Ekonomi
  16. Surat Kontrak Mahasiswa Penerima Bantuan Biaya Pendidikan KIP-K (untuk calon penerima beasiswa KIP-K)
Wajib Dilampirkan